4 Tips Cuti Liburan Nyaman Tanpa Diganggu Pekerjaan

hotel di Jogja dengan view terbaik

Terlalu banyak menghabiskan waktu kerja di kantor tanpa diselingi liburan memang tidak baik. Apalagi jika keseharian Anda berhadapan dengan klien tiada henti. Pasti rutinitas ini lama-lama akan membuat Anda jenuh dan stress, kan?

 

Liburan adalah jalan keluar yang bisa Anda gunakan agar tidak jenuh saat bekerja. Bayangkan nikmatnya menginap di hotel di Jogja dengan view terbaik sambil bersantai tanpa memikirkan kerjaan. Sungguh menyenangkan, kan?

 

Nah, Anda ingin cuti liburan seperti itu tanpa takut dirongrong terus-terusan oleh telepon dan email kantor? Anda cukup ikuti tips liburan berikut agar keingian tersebut segera terkabul. Simak tipsnya di bawah ini, ya!

 

Bicarakan rencana pekerjaan Anda kepada atasan

Sebaiknya bicarakan terlebih dahulu kepada atasan mengenai jatah kerja jika Anda tidak bisa menyelesaikannya sebelum cuti. Apa Anda akan mendapat tenggat waktu baru, apa akan memungkinkan jika Anda membagi beban dengan kolega kantor, dan lainnya. Jangan lupa juga untuk membahas tentang beban kerja yang Anda titipkan pada kolega agar ia menyiapkan diri untuk double job.

 

Memilih waktu yang tepat

Untuk menghindari kepanikan dan stres karena harus meninggalkan pekerjaan yang menumpuk, pilihlah waktu cuti terbaik yang cukup adil bagi Anda dan perusahaan. Anda bisa menggeser terlebih dahulu jadwal liburan jika hari cuti itu tidak mengganggu jadwal pekerjaan dan kesibukan lainnya. Tak hanya itu, Anda juga tidak akan membebani kolega kantor dengan pekerjaan limpahan jika memilih waktu yang tepat. Jangan lupa juga untuk menyiapkan diri mengemas perlengkapan yang akan dibawa berlibur.

 

Tegaslah untuk tidak mau diganggu

Informasikan pada kolega, atasan, dan klien dengan bahasa yang baik dan sopan bahwa Anda tidak akan mengecek email kerja hingga tanggal kembali yang sudah ditentukan. Maklum adanya jika Anda tidak bisa dikontak saat sedang cuti. Anda dapat mengubah settings email menjadi auto reply yang menyatakan bahwa Anda sedang cuti dan tidak dapat dikontak. Atau memasang display picture dan status pada aplikasi message seperti “Sedang Cuti” atau “On Leave” agar jika ada yang chat dan tidak Anda balas, ia bisa melihat alasannya. Nah, jika mau cara yang lebih ekstrem, matikan saja gadget ketika cuti berlangsung.

 

Tetap semangat sebelum cuti berlangsung

Jika semua sudah bisa menerima ketidakhadiran Anda, saatnya menunggu cuti itu datang. Memang rasanya pasti malas jika sudah dekat dengan waktu cuti. Hal ini justru tidak boleh terjadi. Apalagi jika Anda masih ada beberapa pekerjaan yang belum diselesaikan. Alih-alih ingin cuti bebas stres pekerjaan, justru akan diteror karena belum selesai.

 

Dengan menerapkan tips ini, Anda pun bisa liburan dengan tenang tanpa diganggu oleh pekerjaan di kantor. Yuk, siap-siap booking hotel terbaik di Malioboro untuk pengalaman liburan yang mengasyikan!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.