Ini, 4 Penyebab Badan Kita Meriang

Ketika tubuh merasakan demam dan kurang nyaman, alat pertama yang kita cari adalah termometer Omron. Alat canggih tersebut akan membantu tubuh mengukur suhu dengan cepat dan juga tepat. Selanjutnya, Anda bisa melakukan pengobatan sesuai dengan penyebab tubuh mengalami meriang.

 

Alasan Mengapa Badan bisa Meriang

Tahukah Anda mengapa tubuh bisa meriang? Ada banyak faktor pemicu mengapa seseorang bisa sakit atau demam mendadak padahal hari sebelumnya tampak sehat dan ceria. Cermati macam-macam penyebabnya berikut ini:

1. Ada Infeksi

Demam atau meriang merupakan gejala atau tanda umum dari sejumlah penyakit termasuk flu, pneumonia, radang tenggorokan, cacar air bahkan Covid-19. Semua macam penyakit yang telah kita sebutkan tersebut ditengarai karena adanya infeksi yang berhasil mendobrak kekebalan tubuh.

Solusi pengobatan meriang cukup simpel bila disebabkan oleh flu atau radang tenggorokan di mana Anda hanya perlu beristirahat serta mengkonsumsi air putih hangat. Sedangkan pengobatan meriang karena pneumonia, Covid-19 dan cacar air bisa diatasi sesuai petunjuk dokter.

2. Kurang Cairan Tubuh

Setiap harinya, manusia butuh minum air putih sebanyak 8 gelas. Ketika asupan cairan berkurang tubuh akan menunjukkan berbagai gejala seperti lesu, lemah, lemas bahkan meriang. Untuk mengatasinya, minumlah air putih secukupnya.

Walaupun terdapat banyak minuman dengan warna dan rasa yang menarik, minum air putih merupakan pilihan terbaik. Jika Anda ingin mencicipi rasa yang segar, tambahkan irisan jeruk lemon pada air putih. Hindari mengkonsumsi minuman bersoda, minuman beralkohol dan berbagai jenis minuman yang kaya pemanis serta pengawet buatan.

3. Efek Samping Obat

Tiap orang punya riwayat penyakit yang berbeda walau berada di atap yang sama. Contohnya pasien kanker yang harus rutin mengkonsumsi obat keras untuk membantu memperlancar kemoterapinya. Konsumsi obat keras disinyalir dapat menyebabkan tubuh meriang.

Selain obat kemoterapi, jenis obat lainnya yang memicu meriang adalah obat-obatan terlarang (narkoba). Pastikan untuk selalu mengkonsumsi obat sesuai dengan anjuran dan resep dari dokter.

4. Kelelahan atau Olahraga Berlebih

Ada banyak aktivitas yang dapat menguras tenaga seseorang mulai dari bekerja hingga berolahraga secara berlebihan. Meskipun keduanya bertujuan baik namun dapat mempengaruhi kesehatan tubuh terutama bagi seseorang yang kekebalan tubuhnya rendah.

Sebelum melakukan berbagai aktivitas, kenali terlebih dahulu kemampuan tubuh Anda. Misalnya olahraga, Anda bisa bertanya ke dokter tentang jenis olahraga juga durasi terbaik. Jangan sampai tenaga dikuras habis hingga tubuh menjadi lemah dan lesu. Bila dibiarkan terus menerus, tubuh akan meriang pasca berolahraga maupun beraktivitas berat.

Banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang meriang untuk itulah penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan badan. Ketika tubuh sudah terlanjur meriang segera cek suhu tubuh menggunakan termometer dahi MC-720 dari Omron. Termometer ini banyak disukai karena bisa digunakan untuk semua umur dan telah berbentuk digital.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.