Tips Mengambil Cicilan Mobil Baru dengan Gaji Pas-Pasan

Bagi masyarakat perkotaan umumnya membutuhkan mobil untuk kemudahan mobilitas. Akan tetapi, harga mobil baru yang terus meningkat membuat keinginan ini mustahil bagi para pekerja dengan gaji pas-pasan. Beruntungnya, saat ini pembayaran mobil kredit mulai dilirik sebagai alternatif terbaik.

Beberapa dari Anda mungkin tergiur melihat DP yang rendah. Sebetulnya, DP yang rendah dapat lebih memberatkan di kemudian hari. Lalu, bagaimana caranya agar cicilan mobil baru tidak merusak keuangan? Simak tips-tipsnya di bawah ini!

 

Cara Mencicil Mobil dengan Gaji Kecil

Anda pasti bisa memiliki mobil impian, meski gaji pas-pasan. Belum yakin? Tips-tips berikut bisa diterapkan untuk membantu mengatur kondisi keuangan Anda selama kredit mobil:

1.      Hidup Berhemat

Misalnya gaji Anda sekitar 4 juta per bulan. Tanggungan yang tinggi mungkin menyulitkan Anda untuk hidup berhemat, apalagi menabung. Tidak ada salahnya menabung walau hanya sedikit jumlahnya. Potong pengeluaran tidak penting sebagai bagian dari hidup berhemat.

Anda bisa menerapkan sistem menabung dengan menyisihkan 25% dari total gaji. Dengan gaji 4 juta, maka uang yang perlu disisihkan yaitu 1 juta rupiah. Bangun kebiasaan ini secara konsisten, sehingga Anda tidak kaget ketika harus membayar cicilan per bulan.

 

2.      Prioritaskan Kewajiban

Kewajiban atau tanggungan yang Anda miliki tetaplah prioritas utama. Jangan sampai membeli mobil semata-mata untuk kepentingan sosial. Hal ini akan memberatkan Anda di kemudian hari jika mengambil kredit mobil.

 

3.      Survei Mobil

Kebanyakan orang hanya melakukan survei terhadap jenis dan harga mobil. Memang itu termasuk sebagai hal terpenting.

Namun, ada satu hal yang sering dilupakan calon konsumen, yaitu survei terkait program cicilan. Pilihlah penyedia yang menawarkan program cicilan sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

 

4.      Pilih Mobil yang Murah

Apabila Anda membeli mobil untuk kepentingan mobilitas, utamakan jenis mobil yang ramah kantong. Misalnya mobil kelas LCGC (Low Cost Green Car).

Biasanya harganya berkisar dari 95 sampai 150 juta rupiah. Jenis mobil kelas ini terbilang irit bahan bakar, sehingga biaya pengeluaran tidak terlalu boros.

 

5.      Pertimbangkan Suku Bunga

Ketika mengambil kredit mobil, tentunya tidak terlepas dari biaya bunga cicilan. Tingkat suku bunga bervariasi. Memilih periode waktu cicilan paling singkat akan meringankan biaya bunga, dengan demikian harga mobil secara keseluruhan terbilang lebih murah.

 

6.      Riset Layanan Pembiayaan Terpercaya

Saat ini hadir platform layanan pembiayaan online yang bertugas membantu menemukan mobil impian berdasarkan kekuatan finansial.

SEVA sebagai platform beli mobil online patut dipilih atas fitur Instant Approval yang menyediakan kemudahan bagi Anda dengan gaji pas-pasan untuk menemukan mobil sesuai kemampuan. Tentunya ini adalah pilihan yang tepat.

Dengan memilih mobil sesuai kondisi keuangan akan menyelamatkan Anda dari berbagai masalah finansial di kemudian hari. Apalagi cicilan ini terus menjadi tanggungan selama bertahun-tahun.

 

Direkomendasikan mencicil mobil pada waktu yang tepat. Dengan artian Anda sudah siap dengan biaya pengeluaran bulanan nantinya. Terapkan tips-tips di atas supaya cicilan mobil menjadi lebih mudah dan bisa ditoleransi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.